Rabu, 23 November 2016

Usaha Penetasan Bebek Peking


gambar bebek peking dewasaBebek Peking merupakan salah satu unggas padaging unggulan yang dapat dikembangkan. Bebek ini memang bukan berasal dari Indonesia, akan tetapi habitat dan ekosistem di Indonesia sangat cocok untuk pengembangan usaha ini. Adapun jenis usaha budidaya bebek peking adalah berupa usaha pengadaaan telur tetas,pengadaan itik umur sehari serta daging. Permintaan anak bebek peking (DOD) cukup tinggi tetapi tidak diimbangi dengan persediaan telur tetas yang memadai. Kebutuhan konsumsi daging bebek peking di beberapa kota besar di Indonesia cukup tinggi pula.
Telur
gambar telur tetas bebek pekingBebek peking mulai bertelur pada umur 6 bulan, tetapi untuk menghasilkan bibit yang baik melalui penetasan dengan menggunakan mesin tetas sebaiknya umur bebek peking minimal 9 bulan. Harga jual telur fertil lebih tinggi dibandingkan dengan harga telur bebek biasa, akan tetapi stok telur tetas bebek peking hingga saat ini masih terbatas. Ini dibuktikan dengan minimnya dan bahkan sama sekali tidak ada stok telur bebek peking di pasaran. Hal tersebut merupakan peluang bisnis yang bisa memberikan keuntungan yang menjanjikan.

Makanan
Ransum atau pakan untuk induk petelur bisa menggunakan bahan pakan lokal misalkan seperti  dedak dengan keong atau tutut. Sedangkan perbandingan induk petelur adalah satu ekor jantan berbanding dengan empat ekor bebek betina. Adonan pakan diusahakan tidak terlalu basah, kebutuhan dedak sebanyak 0,25 kg/ekor/hari diberikan pagi, siang dan sore hari. Adonan keong atau tutut dapat merangsang bebek peking aktif bertelur, kebutuhan keong atau tutut sebanyak 0,2kg/ekor/hari dan diberikan pagi serta sore hari. Bebek peking induk umur 10 bulan, telah siap memproduksi telur tetas
gambar pakan bebek peking
Dedak Padi
gambar pakan bebek berupa keong
Keong atau tutut
DOD
Harga DOD bebek peking berkisar antara Rp.15.000 hingga Rp.20.000 per ekor  baik jantan maupun betinanya. Harga jual  tersebut 2 kali lipat dibandingkan dengan harga DOD bebek lokal. Tentu saja gambaran ini merupakan salah satu peluang bisnis yang cukup menjanjikan bukan? Hal ini bisa kita raih dengan teknik penetasan yang baik, dimana keuntungan dari menjual DOD dapat kita rasakan selama kurang lebih 30 hari (keuntungan bulanan). Terlalu banyak konsumen yang menanyakan ‘kapan’ stok DOD ada? Diharapkan DOD hasil penetasan berkualitas baik, sehingga harga bersaing. Adapun kualitas DOD yang baik adalah seperti berikut:
  • Gerakan lincah
  • Mata cerah
  • Menetas secara alami tanpa bantuan
gambar anak bebek peking
Itik umur sehari
gambar dod bebek peking
Day Old Duck
Untuk memperoleh telur tetas yang baik, beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah:
  • Ransum induk harus selalu tersedia
  • Umur induk petelur tetas sebaiknya sekitar 9 bulan atau lebih
  • Rasio perbandingan jantan dan betina adalah 1 : 4
  • Umur telur tetas tidak lebih dari 10 hari
  • Telur tetas harus  bersih dari kotoran
Beberapa hal penting selama penetasan telur berlangsung adalah :
  • Pengontrolan suhu: suhu awal 100°F, suhu pertengahan 104°F, suhu akhir 106°F
  • Pengaturan kelembaban: usahakan air dalam bak jangan sampai kering.
  • Pembalikan telur: pembalikan telur dilakukan setelah 24 jam setelah penyimpanan, telur dibalik 3 kali sehari.
Pedaging
Permintaan pasar untuk daging bebek peking di Indonesia cukup tinggi, terbukti dengan banyaknya restoran yang menyajikan hidangan istimewa bebek peking. Mulai menjamurnya restoran dibeberapa kota besar di Indonesia yang menyajikan hidangan daging bebek peking, membuktikan bahwa peluang pengembangan bebek peking ini sangat terbuka dengan pangsa pasar yang cukup menjanjikan.
gambar bebek peking dewasa
 Bebek Peking Dewasa
Demikianlah gambaran peluang usaha penetasan bebek peking semoga bermanfaat.
 Oleh : Wawan Gunawan A.Md

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar