Minggu, 08 Maret 2015

Batu Pandan, Asli Bogor yang Kini Banyak Diburu

Selasa, 23 Desember 2014 - 20:48 WIB

Doni/heibogor.com
Batu pandan salah satu batu mulia asal Bogor.
Heibogor.com - Batu mulia (gemstone) yang beberapa waktu terakhir ini booming di tengah masyarakat, menjadi fenomena tersendiri. Ragam batu mulia dengan jenis dan ukuran, ramai diburu tak hanya oleh para kolektor, namun juga kalangan awam sekalipun.

Batu seperti bacan, giok, pancawarna, kalimaya, zamrud, blue safir, dan solar adalah sebagian kecil contoh batu yang paling dicari masyarakat. Namun, batu yang saat ini juga menjadi buruan para penghobi dan kolektor batu serta laris di pasaran, yaitu batu pandan asal Bogor.

Menurut salah satu pengurus Bogor Gemstone Community Deni Janovan mengatakan, batu pandan yang saat ini sudah mulai ramai diburu penghobi dan kolektor merupakan batu asli dari Bogor. Batu ini tersebar di sejumlah wilayah, terutama di sepanjang Sungai Cisadane dan Ciliwung.

“Batu pandan asli Bogor ini sekarang sudah menjadi primadona karena batu tersebut memiliki keunikan tersendiri. Awal didapatkannya batu ini dari Sungai Ciliwung dan Sungai Cisadane yang berada di wilayah Bogor," ungkap Deni.

Meski begitu, lanjutnya, di daerah lain masih di wilayah Bogor juga ada, misalnya di daerah Jasinga, Cigudeg, Pongkor, Jonggol, Sentul, dan kawasan Puncak.

"Batu pandan ini tidak kalah menarik dari jenis batu-batu lainnya.Batu pandan memiliki corak serta sisik yang beraneka ragam serta indah. Ada sisik betik dan sisik betok, serta memiliki warna yang bermacam-macam. Mulai dari warna putih, kuning, cream, cokelat, dan hitam," papar Deni.

Soal harga, ia menyebutkan batu pandan ini bervariasi mulai dari Rp 200 ribu hingga di kisaran Rp 10 juta. "Oleh sebab itu, sebagai warga Bogor kita harus bangga memiliki batu asli dari daerah sendiri," imbuhnya.
sumber
Penulis : Donnie Andriawan
Editor : Hilda Ilhamil Arofah
- See more at: http://www.heibogor.com/detail/7293-Batu-Pandan-Asli-Bogor-yang-Kini-Banyak-Diburu#sthash.nbAtyvac.dpuf

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar